Wed04162014

Last update12:13:04 PM GMT

Back Iptek Artikel Iptek Pengetahuan Umum RUMAH ADAT 33 PROPINSI DI INDONESIA

RUMAH ADAT 33 PROPINSI DI INDONESIA

Negara kita Indonesia mempunyai beragam budaya, mulai dari sabang hingga marauke. Keragaman itu ada karena kehidupan sosial, adat istiadat dan seni wilayah yang satu dengan yang lain berbeda-beda. Keberagaman budaya itu merupakan kekayaan bangsa dan dapat kita lihat pada model rumah.

Rumah adat berfungsi sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung, tempat musyawarah dan penyelenggaraan adat, juga penciri tingkat kehidupan sosial dalam masyarakat. Biasanya, bahan yang dipergunakan untuk membangun rumah ini memanfaatkan kekayaan alam sekitar, seperti ; kayu dan bambu. Pada umunya, rumah ini berupa rumah panggung agar penghuninya terhindar dari binatang buas. Bentuknya unik dan menarik, dilengkapi dengan hiasan yang beraneka macam.

Tak kenal maka tak sayang. Karena itu, bersama ini ditampilkan keberagaman budaya yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Dengan mengenal budaya bangsa, diharapkan kita akan menyayangi dan dapat melestarikannya.

1. PROVINSI DKI JAKARTA.

Rumah Kebaya adalah rumah adat yang difungsikan sebagai tempat tinggal. Rumah ini terbuat dari kayu dan berbentuk persegi empat. Umumnya bagian atap sudah terbuat dari genteng tanah liat. Serambi terdapat di bagian depan digunakan sebagai ruang menerima tamu atau tempat bercengkerama. Bagian dalam rumah terdiri atas beberapa kamar. Dapur terletak di bagian belakang rumah. Sementara itu, kamar mandi biasanya terpisah di luar rumah. Halaman rumah cukup luas ditanami berbagai tanaman buah tropis khas betawi. Di belakang atau samping rumah umumnya terdapat kandang hewan ternak.

2. PROVINSI JAWA BARAT.

Keraton Kasepuhan Cirebon adalah rumah adat yang digunakan oleh para sultan. Keraton memiliki gerbang utama di bagian depan. Dalam keraton, terdapat beberapa tiang penyanggah berukuran raksasa dan berukuran kecil yang letaknya simetris. Ruang keraton dibagi empat dengan fungsi berbeda-beda.

3. PROVINSI BANTEN.

Rumah Badui adalah rumah adat yang berbentuk panggung dan digunakan sebagai tempat tinggal. Sebagian rumah ini terbuat dari pelupuh, yaitu bambu yang dibelah-belah. Sebagian lainnya terbuat dari kerangka bambu, kayu jati, kayu nangka dan batang pohon kelapa (glugu) dengan dinding gedeg atau papan atau tembok. Atapnya terbuat dari anyaman daun nyiur (blarak) atau ilalang. Rumah ini disanggah oleh batu khusus yang berbentuk balok. Ujung batu tersebut meruncing seperti alas menumbuk beras.

4. PROVINSI D.I. YOGYAKARTA.

Bangsal Kencono Keraton Yogyakarta adalah rumah adat yang berbentuk pendopo. Keraton merupakan tempat tinggal raja atau ratu. Keraton ini memiliki makna dan filosofi. Filosofi kehidupan hakikat seorang manusia, alam bekerja dan manusia menjalani hidupnya, serta berbagai perlambangan kehidupan terpendam di dalamnya. Pada bagian depan Bangsal Kencono terdapat 2 patung batu Gupolo, yaitu raksasa yang memegang semacam pemukul berbentuk gada.

5. PROVINSI JAWA TENGAH.

Rumah Padepokan adalah rumah adat ini sangat menarik dan indah. Rumah ini terdiri atas 3 ruang utama. Ruang-ruang tersebut memiliki fungsi berbeda, yaitu sebagai berikut :

1. Pendopo, tempat menerima tamu, upacara adat dan pementasan kesenian.

2. Peringgitan, ruang penyelenggaraan acara wayang kulit.

3. Dalem, tempat singgasana raja.

Bagi rumah-rumah penduduk, dalem difungsikan sebagai tempat tinggal.

6. PROVINSI JAWA TIMUR.

Rumah Adat Madura adalah rumah adat yang mendapat pengaruh kuat budaya madura. Rumah ini hanya memiliki 1 pintu masuk. Ukiran Ular Naga Laut pengaruh Tiongkok terdapat di sisi depan dan belakang pintu masuk. Hiasan ini melambangkan keselamatan dan sebagai penolak bala. Kita harus melewati tangga pendek untuk memasuki rumah ini. Serambi bagian depan untuk menerima tamu pria, sedang serambi belakang untuk tamu wanita. Pada rumah ini tidak terdapat kamar.

7. PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM

Rumoh Aceh adalah rumah adat yang berbentuk panggung. Bahannya terbuat dari kayu meranti. Atapnya terbuat dari daun rumbiah yang dianyam memanjang kesamping kanan atau kiri. Tiang rumah setinggi 2,5

Cover Buku 1

Trilogi 1

The Bourne Identity
The Bourne Identity

Cover Buku 2

Trilogi 2

The Bourne Supremacy
The Bourne Supremacy

Cover Buku 3

Trilogi 3

The Bourne Ultimatum
The Bourne Ultimatum

Cover Buku 4

Sequel 1

The Bourne Legacy
The Bourne Legacy

Cover Buku 5

Sequel 2

The Bourne Legacy
The Bourne Betrayal
BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS